Jumat 08 Oct 2021 21:18 WIB

Kewajiban Orang Bertakwa ke Orang Durhaka

Orang Bertakwa Berkewajiban Mengingatkan Orang Durhaka

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Taqwa / takwa (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Taqwa / takwa (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Alquran menegaskan orang bertakwa tidak bertanggung jawab atas dosa-dosa yang diperbuat orang durhaka yang mengolok-olok ayat-ayat Alquran. Namun orang bertakwa punya kewajiban memperingatkan mereka yang durhaka kepada Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-An'am Ayat 69 dan tafsirnya.

وَمَا عَلَى الَّذِيْنَ يَتَّقُوْنَ مِنْ حِسَابِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ وَّلٰكِنْ ذِكْرٰى لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ

Baca Juga

Orang-orang yang bertakwa tidak ada tanggung jawab sedikit pun atas (dosa-dosa) mereka, tetapi (berkewajiban) mengingatkan agar mereka (juga) bertakwa. (QS Al-An'am: 69).

Ayat ini dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama mengandung arti, orang-orang yang bertakwa, yaitu yang berusaha melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, tidak ada tanggung jawab sedikit pun atas dosa-dosa mereka, yakni para pendurhaka, baik akibat melecehkan agama maupun dosa lainnya, tetapi kaum Muslim berkewajiban mengingatkan mereka tersebut agar bertakwa.

Ayat ini menegaskan bahwa orang-orang Mukmin yang bertakwa kepada Allah tidak bertanggung jawab atas perbuatan orang-orang musyrik yang memperolokkan ayat-ayat Allah dan mereka tidak akan menanggung dosa orang musyrik. Mereka berkewajiban memberi peringatan kepada kaum musyrik yang berbuat demikian, untuk tidak lagi memperolokkan ayat-ayat Allah.

Dalam ayat berikutnya, Surah Al-An'am Ayat 70, orang yang bertakwa diperintahkan untuk memperingatkan mereka dengan Alquran agar setiap orang tidak terjerumus ke dalam neraka, karena perbuatannya sendiri.

وَذَرِ الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَهُمْ لَعِبًا وَّلَهْوًا وَّغَرَّتْهُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا وَذَكِّرْ بِهٖٓ اَنْ تُبْسَلَ نَفْسٌۢ بِمَا كَسَبَتْۖ لَيْسَ لَهَا مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَلِيٌّ وَّلَا شَفِيْعٌ ۚوَاِنْ تَعْدِلْ كُلَّ عَدْلٍ لَّا يُؤْخَذْ مِنْهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اُبْسِلُوْا بِمَا كَسَبُوْا لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيْمٍ وَّعَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢبِمَا كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ ࣖ

Tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Alquran agar setiap orang tidak terjerumus (ke dalam neraka), karena perbuatannya sendiri. Tidak ada baginya pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah. Dan jika dia hendak menebus dengan segala macam tebusan apapun, niscaya tidak akan diterima. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan (ke dalam neraka), karena perbuatan mereka sendiri. Mereka mendapat minuman dari air yang mendidih dan azab yang pedih karena kekafiran mereka dahulu. (QS Al-An'am: 70).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement