Rabu 13 Oct 2021 07:15 WIB

PM Pakistan: Taliban Cara Terbaik Singkirkan ISIS

PM Pakistan meyakini Taliban berada di posisi terbaik menyingkirkan ISIS.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan saat berbicara di Asia Society saat mengunjungi Majelis Umum PBB di New York, Kamis (26/9).
Foto:

"Saya akan membayangkan bahwa sifat orang [Taliban] sedemikian rupa sehingga mereka akan mendorong kembali, dan itu akan menjadi kontraproduktif," kata Khan memperingatkan.

Khan pun mengulangi seruannya kepada masyarakat internasional untuk terlibat dengan pemerintah baru Taliban, karena sanksi mereka akan membawa krisis kemanusiaan di negara itu. Terlebih lagi, Khan menilai, serangan teroris di dalam negaranya telah menurun setelah penarikan AS dari Afghanistan.

"Ketika jejak Amerika menurun, motivasi [Taliban Pakistan] turun, [dan] sekarang kami mencoba berbicara dengan mereka yang dapat didamaikan," kata Khan.

 

Awal bulan ini, Khan mengungkapkan bahwa pemerintahnya sedang dalam pembicaraan dengan beberapa kelompok Tehrik-i-Taliban Pakistan (TTP) untuk membujuk agar meletakkan senjata dan menjadi warga negara yang normal di negara itu. Dia mengatakan Taliban Pakistan telah melakukan lebih dari 60.000 serangan dan membunuh lebih dari 80.000 orang karena  mengira Pakistan adalah sekutu AS. Dwina Agustin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement