Rabu 13 Oct 2021 07:22 WIB

Wadah Air Zamzam Kembali Hadir di Masjidil Haram

Wadah Air Zamzam kembali tersedia di Masjidil Haram.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Petugas membagikan air zamzam kepada jamaah umroh di Masjidil Haram. Petugas membawa wadah silindris berisi air Zamzam. Tindakan itu untuk membendung penyebaran virus corona (Covid-19).
Foto:

Al-Jabri menyebut jumlah wadah air Zamzam di Masjidil Haram mencapai lebih dari 20 ribu dan rata-rata konsumsi harian air Zamzam di Masjidil Haram mencapai 1.633.030 meter kubik.

“Sebanyak 126 pejabat telah dikerahkan sepanjang waktu untuk menindaklanjuti dan memantau seluruh operasi distribusi air Zamzam di Masjidil Haram. Mereka juga melakukan kunjungan lapangan ke stasiun-stasiun minum untuk memastikan kesiapan terus menerus dengan tetap menjaga kebersihan stasiun dan kontainer," ujar dia.

Perlu dicatat wadah air Zamzam secara teratur disterilkan dan didesinfeksi untuk memastikan keselamatan jamaah. Direktur Departemen Pengairan Zamzam Masjidil Haram Abdulrahman Al-Zahrani mengatakan pihaknya berupaya menjaga agar wadah tetap bersih dan steril. 

 

Dia menjelaskan proses pencucian melewati lima tahap. Sabun khusus bebas pewangi digunakan dalam pembersihan. Tahapan tersebut juga meliputi sterilisasi, pengeringan dan penyimpanan. "Terakhir, kontainer dipindahkan dengan mobil tertentu ke titik pengisian di Masjidil Haram. Seluruh operasi dilakukan di dalam kompleks masjid dengan bantuan peralatan khusus," ucap dia. n Meiliza Laveda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement