Kapuskes Haji: Skenario Umroh Indonesia Masih Sesuai Prokes

Ahad , 17 Oct 2021, 13:47 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Umroh (ilustrasi)
Umroh (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Budi Sylvana menegaskan sampai saat ini skenario umroh Indonesia masih sama. Protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 masih tetap dijalankan.

 

Terkait

"Sampai saat ini skenario umroh indonesia masih tetap. Adapun untuk pelaksanaanya selama di Arab Saudi, akan dikomunikasikan dengan otoritas umrah Arab Saudi," kata dia dalam pesan yang diterima Republika, Ahad (17/10).

Baca Juga

Ia pun menjelaskan, saat pelaksanaan nanti akan mengikuti regulasi yang telah ditetapkan di Kerajaan Saudi. Prokes yang ada di Saudi disebut merupakan otoritas dari pemerintah setempat.

Per-hari ini, ia menyebut angka kasus harian di Saudi hanya 45 kasus, dengan positity rate hanya 0,1 persen. Dengan kondisi ini, bisa dikatakan Covid-19 di Saudi relatif terkedali.

Untuk saat ini, persiapan umroh disampaikan tidak dilaksanakan sendiri-sendiri. Antara kementerian, baik Kementerian Agama, Kemenkes, serta Kementerian Luar Negeri bekerja sama untuk hal ini.

"Saat ini sedang penyiapan skenario teknis terkait prokes, screening kesehatan, vaksinasi, penggunaan bersama aplikasi PeduliLindungi dengan aplikasi Tawakkalna, pemeriksaan PCR dan skenario karantina," lanjutnya.