Kamis 21 Oct 2021 10:10 WIB

Ponpes Merupakan Laboratorium Perdamaian

Ponpes merupakan laboratorium yang menyebarkan dan meningkatkan kualitas perdamaian.

Ilustrasi Pondok Pesantren
Foto: Antara/Fauzan
Ilustrasi Pondok Pesantren

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, Prof H Sagaf S Pettalongi MPd mengemukakan pondok pesantren (ponpes) merupakan laboratorium yang menyebarkan dan meningkatkan kualitas perdamaian.

"Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam yang rahmatan lil alamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama," kata Sagaf S Pettalongidi Palu, Rabu, seiring dengan momentum Hari Santri Nasional 2021.

Baca Juga

Terdapat berbagai alasan dan dasar pesantren layak disebut sebagai laboratorium perdamaian, yakni pesantren memiliki kesadaran harmoni beragama dan berbangsa.Kemudian, metode mengaji dan mengkaji di pesantren diterapkan keterbukaan kajian yang bersumber dari berbagai kitab, bahkan sampai kajian lintas mazhab di pesantren.

"Bahkan para santri biasa diajarkan untuk khidmah (pengabdian), yang merupakan ruh dan prinsip loyalitas santri dan di pesantren diajarkan pendidikan kemandirian, kerja sama dan saling membantu di kalangan santri," ujar Sagaf.

"Selain itu gerakan komunitas seperti kesenian dan sastra tumbuh subur di pesantren," kata Sagaf.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement