Kamis 28 Oct 2021 01:48 WIB

 PM Malaysia: Alquran Sumber Semua Cabang Ilmu

Alquran merupakan sumber intelektual dan spiritual Islam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto:

Dia mengungkapkan, penyelenggaraan MTQJK menunjukkan bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Adapun pengajian 26 qari (laki-laki) dan qariah (perempuan) yang telah memenangkan juara tajwid nasional sebelumnya akan disiarkan langsung dari 11 lokasi, dan dilihat melalui berbagai platform media.

"Ayat-ayat Alquran dan tilawah disampaikan kepada khalayak dengan menggunakan teknologi augmented reality yang menunjukkan bahwa Islam tidak pernah menghalangi pemeluknya untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dalam kehidupan," kata Ismail.

Ia mengatakan, wabah Covid-19 juga telah mengubah cara hidup keluarga Malaysia dalam hal mengadopsi norma-norma baru, termasuk dalam aspek pengajaran dan pengajian. Sejalan dengan kebutuhan umat Islam modern dan teknologi yang tersedia, Ismail Sabri mengatakan bahwa Alquran kini dapat diakses melalui berbagai produk digital dan aplikasi perangkat lunak. 

"Saya mengerti sejak merebaknya Covid-19, pembelajaran Alquran online mulai berkembang. Banyak institusi, baik pemerintah maupun swasta, telah memperkenalkan kelas online untuk pembelajaran terkait Alquran. Upaya mulia ini memudahkan masyarakat untuk belajar membaca Alquran," ucapnya.

Acara MTQJK yang diselenggarakan oleh Department of Islamic Development Malaysia (Jakim) ini digelar selama lima hari dari Jumat (22/10) dengan total 26 qari dan qariah serta beberapa undangan khusus yang mewakili seluruh negara bagian. 

 

Pengukuhan MTQJK diselenggarakan menggantikan Majelis Hafalan dan Hafalan Alquran Tingkat Nasional 1442H/2021M yang sempat tertunda karena situasi pandemi Covid-19, dan acara tersebut juga disiarkan secara langsung di TV1 dan TV OKEY.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement