Malaysia Tunjuk 12 Masjid Pusat Konseling Korban KDRT  

Kamis , 28 Oct 2021, 21:55 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Pelibatan masjid dalam urusan KDRT bentuk optimalisasi peran masjid. Ilustrasi Masjid Ar Rahman Malaysia
Pelibatan masjid dalam urusan KDRT bentuk optimalisasi peran masjid. Ilustrasi Masjid Ar Rahman Malaysia

IHRAM.CO.ID, KUALA LUMPUR – Permasalahan keluarga dan rumah tangga juga menjadi salah satu fokus Pemerintah Malaysia. Program yang dilakukan antara lain konseling berbasis masjid di sejumlah wilayah federal.  

 

Terkait

Terdapat 12 masjid di wilayah federal yang telah dipilih sebagai pusat konseling dan pengaduan bagi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). 

Baca Juga

Wakil Menteri Pembangunan Wanita, Keluarga dan Masyarakat Malaysia, Datuk Siti Zailah Mohd Yusoff, mengatakan selain itu, dua masjid, yakni Masjid Wilayah Federal dan Masjid Al-Ghufran di Taman Tun Dr Ismail, Kuala Lumpur, akan berfungsi sebagai pusat transit bagi para korban. 

"Inisiatif ini berada di bawah Pelan Pengimarahan Masjid-Masjid Wilayah Persekutuan 2020-2024, untuk memperluas fungsi masjid sebagai pusat komunitas lokal yang memberikan berbagai dukungan, termasuk dukungan psikososial dan spiritual," kata Siti Zailah, dilansir di Bernama, Kamis (28/10). 

Dia mengatakan, sejauh ini hanya satu individu yang pernah mencari perlindungan di masjid. 

Sementara itu, Siti Zailah menuturkan bahwa proposal untuk meningkatkan nilai bantuan bulanan Departemen Kesejahteraan Sosial menjadi 1.000 ringgit tergantung pada persetujuan pemerintah dan posisi keuangan. 

Menurutnya, kementerian tersebut mengajukan proposal ke Kementerian Keuangan karena menyangkut alokasi keuangan. 

"Pelaksanaannya akan tergantung pada jumlah total bantuan untuk sebuah rumah tangga, dan jika dieksekusi beberapa keluarga akan menerima lebih dari 1.900 ringgit sebulan," tambahnya.          

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini