Sabtu 30 Oct 2021 23:10 WIB

Tiga Golongan Ahli Surga dan Lima Golongan Ahli Neraka

Ada Tiga golongan ahli surga dan lima golongan ahli neraka.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Surga
Foto:

Beliau meneruskan: "Penghuni neraka ada lima,

Pertama,  orang lemah yang tidak memiliki kekuatan, yaitu para pengikut ditengah-tengah kalian, mereka tidak mencari keluarga dan juga harta. Mereka adalah orang yang tidak mempunyai akal yang bisa mencegahnya melakukan sesuatu yang tidak pantas, atau menurut pendapat lain, orang yang tidak memiliki harta lagi bodoh dan fasik, atau orang yang sudah berkeluarga tetapi berzina, atau juga orang yang tidak memiliki keluarga maupun harta dan yang tidak menghindari perbuatan terkutuk serta melanggar kehormatan manusia.

Kedua, pengkhianat yang samar baginya ketamakan meski tidak jelas kecuali ia pasti mengkhianatinya. Pengkhianat yang tak nampak tamak, padahal jika diteliti. sebenarnya dia mengkhianati temannya. Dia bisa menyembunyikan ketamakannya dan selalu mengkhianati teman dengan mengambil hartanya secara tak halal

Ketiga, orang yang dipagi dan disore harinya selalu menipumu pada keluarga dan hartamu. Orang ini setiap waktunya selalu berbuat tidak baik terhadap keluarga dan hartamu, dia adalah orang yang berbuat kerusakan di muka bumi, yang melanggar kehormatan dan harta orang, merusak tanah dan keturunan. 

Keempat, mereka yang memiliki kebakhilan dan kedustaan. Orang kikir, kekikirannya mencegahnya dari lain dan menghambatnya dalam menunaikan hak-hak mereka. Sementara pendusta membawa pengaruh buruk dan dapat berbuat makar bagi orang lain.

Kelima memiliki akhlak yang buruk. Orang yang berakhlak buruk yang melakukan perbuatan yang oleh akal dan fitrah lurusnya dianggap keji.n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement