Selasa 02 Nov 2021 10:53 WIB

Allah Tegaskan tidak Perlu Ada Perubahan Isi Alquran

Segala sesuatu yang telah ditetapkan Allah tidak akan bisa diubah oleh siapapun

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT menegaskan kesempurnaan isi Alquran pada Surah Al-An'am Ayat 115. Ditegaskan pula bahwa tidak ada siapapun yang dapat mengubah firman-Nya di dalam Alquran, segala sesuatu yang telah ditetapkan Allah tidak akan bisa diubah oleh siapapun.

وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ صِدْقًا وَّعَدْلًاۗ لَا مُبَدِّلَ لِكَلِمٰتِهٖ ۚوَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Baca Juga

Dan telah sempurna firman Tuhanmu (Alquran) dengan benar dan adil. Tidak ada yang dapat mengubah firman-Nya. Dan Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui. (QS Al-An'am: 115)

Pada ayat ini Allah menegaskan kesempurnaan Alquran dari segi isinya. Telah sempurna firman Tuhanmu, yakni Alquran, dengan benar dari segi pemberitaannya dan adil dari segi hukumnya.

 

Dengan kata lain, ketetapan Allah dalam menolong Rasul dan kaum Mukmin serta menghinakan orang kafir telah bulat. Tidak ada yang dapat mengubah firman-Nya karena semua yang ada di dalam Alquran sudah benar-benar kukuh, tidak perlu ada perubahan.

Inilah janji Allah untuk menjaga kemurnian Alquran. Dia Maha Mendengar terhadap segala ucapan-ucapan yang menipu, Maha Mengetahui apa yang ada di dalam hati seperti niat dan keinginan-keinginan.

Ayat ini dalam Tafsir Kementerian Agama dijelaskan bahwa kalimat-kalimat Alquran yang berisi kebenaran dan keadilan telah sempurna. Kalimat-kalimat itu antara lain berisi janji Allah yang akan menolong Nabi Muhammad dan pengikut-pengikutnya, sehingga memperoleh kemenangan dan kejayaan. Alquran juga mengancam orang-orang yang mencemooh Alquran, bahwa mereka akan dihinakan dan dibinasakan.

"Dan sungguh, janji Kami telah tetap bagi hamba-hamba Kami yang menjadi Rasul, (yaitu) mereka itu pasti akan mendapat pertolongan. Dan sesungguhnya bala tentara Kami itulah yang pasti menang. (QS Ash-Shaffat: 171-173)

Kalimat-kalimat Alquran itu sempurna, karena sesuai dengan fakta dan kenyataan yang bisa disaksikan dalam sejarah kemenangan Nabi-Nabi, dan kehancuran musuh-musuhnya, tidak ada seorang pun yang dapat mengubah kalimat-kalimat Allah. Janji Allah tidak dapat diubah dan pasti Allah akan memberikan pertolongan kepada Rasul-rasul dan pengikut-pengikutnya.

Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui segala ucapan mereka yang berkhianat, dan mengetahui pula isi hati mereka dan segala dosa yang mereka perbuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement