Selasa 02 Nov 2021 16:15 WIB

Puasa yang Menyehatkan, Bagaimana Panduannya dalam Islam?

Puasa yang menyehatkan tubuh adalah puasa yang sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Berpuasa
Foto:

Salah seorang sahabat sekaligus pembantu Rasulullah SAW, Anas bin Malik, menuturkan bahwa Nabi Muhammad SAW berbuka puasa dengan beberapa biji kurma basah. Apabila tidak ada, beliau berbuka dengan kurma kering atau matang. Bila tidak ada kurma, Nabi berbuka hanya dengan air. Hal ini dianjurkan tentunya bukan tanpa sebab.

Menurut Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani, penggunaan kurma untuk berbuka sangatlah baik. Sebab, rasa manis yang terdapat pada buah kurma tersebut dapat mengembalikan kadar gula dalam tubuh sehingga dapat menstabilkan dan menguatkan kembali penglihatan yang melemah akibat berpuasa.

Selain itu, perut yang seharian kosong tidak akan kaget ketika berbuka puasa dengan kurma. Maka, puasa yang dapat menyehatkan tubuh itu tergantung pada bagaimana pelaksanaan puasa tersebut.

Renungkan kembali tujuan berpuasa 

Dalam sebuah hadis disebutkan, “Qala Rasulullahi SAW, ‘Shumuu tashihuu’,”. Yang artinya, “Rasululullah SAW bersabda, ‘Berpuasalah agar kalian sehat’,”. Sanad hadis ini dinilai lemah sebagaimana disebutkan dalam kitab Jarh wa At-Ta’dil sebab ada rawi yang bernama Husain bin Abdillah bin Dhamirah tertuduh berbohong. Secara umum, hadis-hadis yang menerangkan bahwa puasa menyehatkan tubuh dinilai lemah oleh beberapa ulama seperti Al-Iraqy. Namun demikian, Imam As-Suyuthi menilai hadis tersebut berkadar hasan (baik).

Kiai Ali menjelaskan, hadis Nabi SAW mengenai hikmah berpuasa tidak boleh disalahartikan. Dia menyebut bahwa tujuan berpuasa tidak hanya sebatas untuk memperoleh kesehatan sehingga orang yang secara medis sudah dinyatakan sehat dikatakan tidak perlu berpuasa lagi. Pada hakikatnya, tujuan berpuasa (baik yang wajib maupun sunah) adalah agar manusia selalu dan terus menerus dalam posisi bertakwa kepada Allah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement