Rabu 03 Nov 2021 00:59 WIB

Melawan Islamofobia di Dunia Golf

Golf bukanlah olahraga yang dimainkan oleh Muslim atau pria berkulit cokelat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Golf (ilustrasi)
Foto:

Pada Hari Natal 2019, ia mendirikan Asosiasi Golf Muslim (MGA) dan meluncurkan hari golf amal di The Grove dengan sedikit publisitas. Apa yang terjadi selanjutnya melebihi semua harapan.

"Dalam 24 jam, saya menjual 72 tempat. Dan dalam sepekan, saya memiliki 90 orang lagi dalam daftar tunggu. Saat itulah saya menyadari bahwa saya mungkin telah menemukan sesuatu. Itu sangat menarik. Itu sukses luar biasa. Kami memiliki orang-orang yang datang dari seluruh negeri. Manchester, Newcastle, Exeter, Birmingham, Leicester... Itu benar-benar mendorong saya karena kurangnya keragaman dalam golf," ujarnya.

Malik sempat berbicara dengan orang-orang berusia 60-an dan 70-an dan jenis rasisme yang mereka hadapi luar biasa. Misalnya ada seorang pria dari Skotlandia yang memberitahunya bahwa dia tumbuh bermain golf dengan headphone karena jumlah pelecehan yang dia dapatkan. "Banyak hal telah berubah sejak saat itu, tetapi masih terlihat jelas sampai sekarang," katanya.

Meski pandemi menyebabkan pembatalan kompetisi dua hari di The Belfry musim gugur lalu, Asosiasi Golf Muslim terus menarik perhatian di seluruh dunia. Ini telah menarik minat lebih dari 500 pegolf pada tahun lalu, dan baru-baru ini bermitra dengan Marriott Hotels untuk menyelenggarakan tiga turnamen musim panas ini.

 "Yang paling penting adalah kita menciptakan lingkungan di mana orang bisa menjadi dirinya sendiri. Asosiasi Golf Muslim didirikan pada tiga prinsip, tidak ada alkohol, tidak ada perjudian dan kami memastikan fasilitas untuk berdoa selalu tersedia. Itu saja yang kami minta. Kami meminta siapa pun yang ingin ikut bermain, tolong hormati nilai-nilai itu. Tidak ada kriteria untuk beragama Islam dan kami terbuka untuk semua warna kulit, agama, dan sebagainya," kata Malik, anggota Stockwood Park di Luton itu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement