Rabu 03 Nov 2021 01:30 WIB

Negara-Negara Teluk Geliatkan Masjid Ramah Lingkungan

Negara-Negara Teluk mulai geliatkan kehadiran masjid ramah lingkungan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid ramah lingkungan
Foto:

Di Turki, pohon-pohon berlimpah di halaman masjid, terutama pohon cinar, yang ditanam untuk menambah ketenangan pengalaman beribadah. Masjid Cambridge di Inggris telah merancang tamannya dengan cermat untuk mencerminkan penghormatan Islam terhadap semua makhluk hidup.

Ini adalah masjid ramah lingkungan pertama yang dibangun khusus di Eropa, dan telah memenangkan penghargaan untuk arsitektur yang luar biasa. Desainnya dimaksudkan untuk menghubungkan umat dengan alam sebagai balok kayu yang membentuk struktur masjid tumpah ke halaman depan di mana pohon apel kepiting berjajar di jalan.

Atap masjid ditanami sedum, tanaman tahunan berbunga, yang meningkatkan keanekaragaman hayati dan meningkatkan isolasi. Masjid ini juga memiliki panel fotovoltaik di atapnya, yang bekerja untuk menghasilkan sepertiga dari kebutuhan energinya. 

Masjid pertama di Eropa yang dirancang dengan fokus khusus pada keberlanjutan, memiliki daftar fitur sadar lingkungan yang mengesankan. Panas bawah tanah memompa suhu sedang di dalam masjid, sehingga suhu internal selalu diatur. Lampu LED hemat energi digunakan di malam hari dan bekerja menggunakan sensor gerak, sehingga tidak pernah menghabiskan energi secara sia-sia.

Parkir mobil bawah tanah dilengkapi dengan titik pengisian untuk kendaraan listrik dan ada rak sepeda besar hingga 300 sepeda. Dibuka pada 2014 dan disebut-sebut sebagai masjid ramah lingkungan pertama di dunia Islam, Masjid Khalifa Al Tajer Dubai menggunakan sistem untuk mengurangi limbah air.

Rata-rata orang menggunakan enam hingga sembilan liter air saat berwudhu, atau wudhu, yang merupakan ritual wajib sebelum shalat lima waktu. Nabi Muhammad SAW berpesan untuk berhati-hati dalam menggunakan air, terutama saat mencuci untuk sholat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement