Jumat 05 Nov 2021 16:16 WIB

6 Orang yang Mirip dengan Nabi Muhammad

Ada enam orang yang memiliki kemiripan wajah dengan Nabi Muhammad SAW.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto: fold3.com
Rasulullah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ada enam orang yang memiliki kemiripan wajah dengan Nabi Muhammad SAW. Beberapa di antaranya memiliki kedekatan dengan Rasulullah SAW.

Pertama, di antara mereka, yang paling mirip ialah Nabi Ibrahim AS. Nabi Muhammad SAW menggambarkan penampilannya kepada para sahabatnya, dan mengatakan bahwa Nabi Ibrahim adalah yang paling mirip dengan Nabi Muhammad.

Baca Juga

Dari Jibir RA, Nabi SAW bersabda, "Para Nabi pernah diperlihatkan kepadaku. Aku melihat Musa Alaihi Salam mirp dengan Syanuah (nama kabilah di Yaman) yang berpostur tegap. Aku melihat Isa ibnu Maryam Alaihi Salam ternyata mirip Urwah ibnu Masud. Dan aku melihat Ibrahim Alaihi Salam yang mirip dengan orang yang bersama kalian ini (Rasulullah SAW sendiri). Kemudian aku melihat Jibril Alaihi Salam yang mirip dengan dihyah." (HR Muslim, Tirmidzi dan Ahmad)

Kedua, adalah Jafar bin Abi Thalib. Jafar adalah sepupu Rasulullah SAW, dengan nasab yaitu bin Abi Thalib bin Abdul Manaf bin Abdul Muthalib. Dari Al-Bara bin Azib, Nabi SAW berkata kepada Jafar, "Rupa dan perilaku mirip denganku." (HR Bukhari)

Jafar termasuk di antara orang-orang yang pertama masuk Islam dan ikut berhijrah bersama Rasulullah. Dia mati syahid di medang pertempuran Mutah.

Ketiga, ialah Hassan bin Ali. Ini diketahui berdasarkan Musnad Ahmad. Dari Uqbah bin al-Harits, dia berkata, "Aku melihat Abu Bakar sedang menggendong Hassan sambil berkata, 'Ayahku menjadi tebusannya, ia (Hassan) mirip Nabi, bukan mirip Ali.'" Mendengar hal itu, Ali pun tertawa.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement