Jumat 12 Nov 2021 14:39 WIB

Kecilnya Ruang Representasi Muslim di Industri Film

Stereotip negatif muslim di film bisa memicu kekerasan rasialis

Film muslim
Foto:

Aktor asal Inggris Riz Ahmed merasa muak melihat penjahat Muslim di berbagai film dan serial televisi. Laki-laki berusia 38 tahun itu menuntut representasi yang lebih positif dari umat Islam di layar kaca.

Riz merupakan aktor Muslim pertama yang dinominasikan sebagai Aktor Terbaik Oscar 2019 untuk perannya di film Sound of Metal. Meski bersyukur atas kariernya yang sedang meningkat, ia memiliki keinginan yang mendalam tentang perubahan cara orang-orang menggambarkan keyakinannya dalam dunia hiburan.

"Saya berharap dapat membantu dengan sedikit mengubah "permainan"," ungkap Riz saat mempromosikan film barunya Mogul Mowgli kepada British GQ, dikutip Ace Showbiz, Kamis (4/11).

Riz menyebut, minimnya representasi muslim atau stereotip negatif yang melekat pada muslim di film dapat memicu kejahatan rasialis.

"Ini adalah titik buta yang ada di seluruh budaya kita dan itu merenggut nyawa. Negara-negara diserbu, kejahatan rasial meningkat, undang-undang disahkan. Jadi di balik itu kita berpikir, 'Apa yang perlu kita ubah?' Dan, sebenarnya, ini tentang memberdayakan orang untuk menceritakan kisah mereka sendiri," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement