Jumat 12 Nov 2021 18:18 WIB

Kebutuhan Mushaf Alquran di Indonesia Sangat Tinggi

Kemenag telah merancang revitalisasi UPQ menuju percetakan Alquran bertaraf dunia

Rep: Fuji Eka Permana, Idealisa Masyarafina/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, Oleh: Fuji Eka Permana, Idealisa Masyarafina

JAKARTA -- Kebutuhan mushaf Alquran di Indonesia sangat tinggi. Hal itu diungkap  Wakil Menteri Agama (Wamenag), KH Zainut Tauhid Sa'adi saat memberikan sambutan pada peringatan Milad ke-5 Unit Percetakan Alquran (UPQ) di Ciawi, Bogor pada Kamis (11/11).

Baca Juga

Berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag), total kebutuhan Alquran setiap tahun lebih dari enam juta eksemplar. Sementara Unit Percetakan Alquran (UPQ) Kemenag, sejak 2016-2020, baru mencetak 1.705.000 mushaf.

"Tantangan UPQ ke depan adalah memenuhi kebutuhan mushaf Alquran umat Islam Indonesia yang kian hari kian bertambah jumlahnya," kata Wamenag melalui pesan tertulis kepada Republika, Jumat (12/11).

 

Kiai Zainut mengatakan, Kemenag telah merancang revitalisasi UPQ menuju percetakan Alquran bertaraf dunia dengan menargetkan oplah cetak sebanyak 10 juta eksemplar per tahun. Di samping itu, UPQ juga didorong menjadi destinasi wisata reliji, pusat penerbitan dan percetakan buku-buku keislaman yang moderat dan pusat edukasi ilmu-ilmu Alquran.

photo
Infografis Keutamaan 10 Surat dalam Alquran - (Dok Republika)

"Melalui revitalisasi juga, UPQ diharapkan dapat membangun ekosistem yang lebih efektif dan efisien,” ujarnya.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, Wamenag berharap tujuan mulia pemerintah melalui UPQ dapat segera terwujud. Revitalisasi bukan sekedar keinginan untuk membangun Unit Percetakan Alquran berkelas dunia, akan tetapi sebuah prioritas demi memenuhi kebutuhan dasar umat Islam yang harus segera direalisasikan.

Wamenag menambahkan, keberadaan UPQ bagian dari peran nyata Kemenag dalam kajian Alquran. Tugas utamanya adalah menerbitkan, mencetak, mendistribusikan Alquran, serta melakukan kajian-kajian pengembangan di bidang penerbitan Alquran.

"UPQ inilah yang kini memangku tanggung jawab pemenuhan Alquran bagi umat Muslim di seluruh pelosok negeri," jelas Kiai Zainut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement