Ahad 14 Nov 2021 14:37 WIB

Australia Izinkan Vaksin Covid untuk Anak di Bawah 12 Tahun

Australia telah memvaksinasi 57,7 persen anak-anak antara usia 12 dan 15.

Rep: Puti Almas/ Red: Agung Sasongko
Dosis anak dari vaksinasi COVID-19 (ilustrasi)
Foto: AP/Carolyn Kaster
Dosis anak dari vaksinasi COVID-19 (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, CANBERRA — Australia akan mengizinkan pemberian vaksinasi untuk mencegah infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) pada anak-anak di bawah usia 12 tahun pada Januari 2022 mendatang. 

Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt mengatakan bahwa regulator medis saat ini masih meninjau data kesehatan dan keselamatan untuk vaksinasi yang akan diberikan bagi anak-anak antara usia lima dan 11 tahun. Ia menyebut tidak mungkin untuk memutuskan izin tersebut pada tahun ini. 

Baca Juga

 

“Ekspektasi yang telah ditetapkan adalah pada awal Januar,” ujar Hunt mengenai rencana pemberian vaksinasi pada anak-anak antara usia lima dan 11 tahun, dilansir RNZ, Ahad (14/11). 

 

 

Sebelumnya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) merekomendasikan penggunaan vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech untuk digunakan pada anak-anak usia lima hingga 11 tahun. Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) negara itu juga telah mengesahkan penggunaannya. 

John Frewen, selaku komandan Gugus Tugas Covid-19 Australia mengatakan bahwa negara itu telah mengamankan pasokan vaksin yang diperlukan. Ia menyebut bahwa pasokan yang cukup sudah dibeli, termasuk untuk dosis vaksin, serta dosis tambahan (booster) bagi anak-anak di usia bayi, 

Australia melewati batas 90 persen dosis tunggal vaksin Covid-19 untuk mereka yang berusia 16 tahun ke atas. Secara total 83 persen populasi di negara itu telah mendapatkan dosis lengkap vaksin, yaitu dua suntikan. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement