Senin 15 Nov 2021 20:18 WIB

Jangan Lengah di Liburan Akhir Tahun

Menjelang liburan akhir tahun yang biasanya terjadi peningkatan mobilitas masyarakat.

Rep: Dessy Suciati Saputri, Fauziah Mursid, M Fauzi Ridwan, / Red: Agung Sasongko
Petugas gabungan melakukan sosialisasi protokol kesehatan di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Kamis (24/12/2020). Sosialisasi penerapan protokol kesehatan di kawasan wisata tersebut guna menekan penyebaran COVID-19 selama liburan akhir tahun di Yogyakarta.
Foto:

Terpisah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan pembatasan kegiatan masyarakat jelang libur akhir tahun 2021 mendatang dan mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19. Kebijakan pembatasan kegiatan tersebut saat ini masih dibahas bersama jajaran Polrestabes Bandung.

"Insya Allah kemarin sudah bilang Polrestabes akan batasi, salah satu upaya," ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial kepada wartawan seusai peresmian kawasan tanpa rokok (KTR) di Jalan Braga, Senin (15/11).

Ia menuturkan kondisi penyebaran kasus Covid-19 di Kota Bandung saat ini diklaim terkendali salah satu indikatornya yaitu keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) hanya 6 persen. Program vaksinasi Covid-19 dosis pertama untuk masyarakat berjalan lancar.

"Vaksinasi 96 persen alhamdulillah vaksin gelombang pertama, kedua 80 persen. BOR 6 persen sudah terkendali lah," katanya.

Meski relatif terkendali dan sejumlah aktivitas telah dilonggarkan, Oded mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, memakai masker. Ia meminta masyarakat tidak abai.

"Walaupun sudah dibuka semua kegiatan (relaksasi) saya tetap meminta tetap jaga prokes, masker. Jangan sampai kita abai," ungkapnya.

Ia melanjutkan pihaknya juga akan melakukan pengawasan terhadap sektor-sektor yang telah direlaksasi. Termasuk melakukan antisipasi terhadap potensi keramaian saat liburan natal dan tahun baru di bulan Desember. 

 

"Sekarang ini tim gugus tugas terus bekerja dan analisa terutama nataru (natal dan tahun baru)," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement