Masjid Al Rashid, Saksi Perkembangan Islam di Kanada

Selasa , 16 Nov 2021, 01:14 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Masjid Al-Rasyid, Fort Edmonton Park, Kanada
Masjid Al-Rasyid, Fort Edmonton Park, Kanada

Prakarsa pendidikan lain yang dipuji secara luas adalah Akademi Islam Edmonton, yang saat ini menyediakan sekolah hingga kelas 12. Mentoring mualaf adalah kegiatan pendidikan penting lainnya. Ini membutuhkan perhatian khusus dan para imam yang memiliki keterampilan di bidang tersebut.

 

Terkait

Pada 1960, masjid Al Rashid yang asli tidak dapat lagi menampung banyak orang yang ingin menghadiri ibadahnya. Selain itu, kota Edmonton menginginkan lokasi untuk perluasan rumah sakit. Akibatnya, dewan membeli tanah kota di sisi utara. Pada 1982, masjid Al Rashid baru dibuka, sedangkan yang lama kosong.

Ketika pihak pemerintah kota mendesak masyarakat untuk memindahkan atau merobohkan masjid tua, para wanita sekali lagi mengambil tindakan dan mengumpulkan dana untuk memindahkan masjid. Akhirnya, persetujuan diberikan untuk memindahkannya ke situs di lokasi warisan kota, Taman Fort Edmonton, di mana ia berada sebagai bagian dari warisan terhormat Edmonton.

Sepanjang sejarahnya, komunitas masjid Al Rashid harus bergulat dengan isu-isu yang memecah belah seperti dampak internasional dari al-Qaeda atau dukungan Kanada untuk Israel. Namun, dewan masjid telah berusaha untuk fokus mengembangkan respons Islam Kanada yang luas terhadap krisis. Jadi, ketika umat Islam di seluruh dunia sedang berjuang dengan pengaruh doktrin Islam politik, kepemimpinan Al Rasyid melawan.

Setelah tragedi 9/11, intelijen Kanada memantau anggota masyarakat. Selain itu, tumbuhnya Islamofobia Kanada juga berdampak pada masyarakat. Mengingat kritik global pembatasan perempuan di negara-negara Muslim, fokus pada penegasan peran publik yang dimainkan oleh perempuan sukses sendiri. Dengan berbagai strategi, kepemimpinan masjid berhasil menjauhkan masyarakat dari kontroversi tersebut.

 

Di ranah publik yang lebih luas, beberapa anggota komunitas Masjid Al Rashid memiliki peran yang signifikan. Edward Saddy, yang menjadi presiden dewan pada 1970-an, menjadi hakim Muslim pertama di Kanada. Pada 1986, Larry Shaben menjadi menteri kabinet Muslim pertama dari parlemen provinsi di Kanada. Hari ini, Al Rashid terus menyediakan berbagai layanan sosial, pendidikan dan publik yang dibangun di atas warisan yang kaya.