Israel Ingin Tingkatkan Kerja Sama Keamanan dengan Maroko

Selasa , 16 Nov 2021, 07:54 WIB Reporter :Kamran Dikarma/ Redaktur : Esthi Maharani
Bendera negara Maroko.
Bendera negara Maroko.

IHRAM.CO.ID, TEL AVIV – Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz diagendakan mengunjungi Maroko akhir bulan ini. Tujuan utama kunjungan tersebut adalah meningkatkan kerja sama keamanan antara kedua negara.

 

Terkait

Lawatan Gantz ke Maroko diharapkan terlaksana pada 24-25 November. Menurut keterangan yang dirilis Kementerian Pertahanan Israel pada Senin (15/11), dalam kunjungan tersebut Gantz bakal bertemu menteri pertahanan dan menteri luar negeri Maroko.

Baca Juga

Pada Agustus lalu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Maroko Nasser Bourita menyambut kunjungan Menlu Israel Yair Lapid ke Rabat. Itu merupakan kunjungan perdana menlu Israel ke negara tersebut sejak 2003.

Maroko resmi melakukan normalisasi diplomatik dengan Israel tahun lalu. Ia menjadi negara Arab keempat yang mengambil langkah demikian. Sebelumnya Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan Sudan sudah terlebih dulu memilih memulihkan hubungan dengan Tel Aviv.

Sama dengan ketiga negara tersebut, pemerintahan mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump juga berperan dalam proses normalisasi Maroko-Israel. Sebagai imbalan normalisasi dengan Tel Aviv, pemerintahan Trump mengakui kedaulatan Maroko atas wilayah Sahara Barat yang dipersengketakan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini