Jumat 19 Nov 2021 14:14 WIB

Berbahagialah Mereka yang Miliki Kemampuan Bantu Orang Lain

Islam mengajarkan untuk saling bantu dalam perkara-perkara kebaikan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Sedekah/Ilustrasi
Sedekah/Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Islam mengajarkan untuk saling bantu dalam perkara-perkara kebaikan. Islam pun melarang bagi seorang muslim pelit dalam meminjamkan barang yang dibutuhkan oleh saudara Muslimnya.

Padahal saudaranya sangat membutuhkan barang itu semisal untuk keadaan darurat.  Contoh kasusnya Anda memiliki mobil. Lalu ada tetangga  yang meminjam mobil Anda untuk mengantar keluarganya ke rumah sakit karena mengalami sakit parah. Namun Anda tidak meminjamkannya. Atau semisal saudara Anda membutuhkan perkakas. Lalu ia meminjamnya pada Anda. Tapi Anda tidak meminjamkannya. Sikap Anda dengan tidak meminjamkan barang yang sangat dibutuhkan orang lain itulah yang dilarang dalam Islam. 

Baca Juga

Bahkan dalam surat Al Ma'un, orang yang berlaku demikian termasuk pada orang yang mendapat kecelakaan. 

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ ﴿٤﴾ الَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ ﴿٥﴾ الَّذِينَ هُمْ يُرَ‌اءُونَ ﴿٦﴾ وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ ﴿٧﴾

 

Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari sholatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan menolak memberi bantuan barang berguna.” (Al Ma’un : 4-7).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement