Masjid Pertama Resmi Berdiri di Kota Solon AS

Selasa , 23 Nov 2021, 05:39 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Masjid di Amerika Serkat
Masjid di Amerika Serkat

IHRAM.CO.ID,SOLON -- Pusat Keislaman Chagrin Valley (CVIC) di Solon, Ohio, AS, menghadapi sejumlah tantangan sejak merintis pembangunan masjidnya pada 2018. Namun, pusat keislaman itu mengatasi hambatan tersebut, dan CVIC membuka masjid pertama di kota itu dengan upacara peresmian pada 19 November kemarin di gedung baru di 6909 Liberty Road.

 

Terkait

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Tapi itu hanya klise untuk membicarakannya sebagai mimpi yang menjadi kenyataan, karena itu bukan keajaiban," kata Masroor Malik, direktur keuangan CVIC, dilansir dari Cleveland, Senin (22/11).

Baca Juga

Berdirinya CVIC dimulai dengan percakapan makan malam satu dekade lalu. Malik mengatakan, organisasi keagamaan dan sosial nirlaba ini dibentuk pada 2012, yang kemudian pada 2017, Dewan Kota Solon menyetujui rencana lokasi dan setidaknya 10 varian untuk memungkinkan pembangunan masjid CVIC di Jalan Liberty.

Sementara , CVIC telah beroperasi di luar etalase di Station Street selama tujuh tahun terakhir. Namun saat awal pembangunan gedung semakin dekat, banyak warga yang menentang proyek tersebut.

"Kami telah melalui perencanaan, desain, tantangan, penentang, persetujuan dan dukungan fenomenal yang kami dapatkan dari orang-orang seperti Anda dan komunitas," kata Malik kepada kerumunan sekitar 75 orang pada upacara Jumat. "Itu telah berubah menjadi kenyataan indah yang Anda lihat di depan Anda. Perjalanan yang luar biasa."