Rabu 24 Nov 2021 14:22 WIB

Masjid Harus Didorong Wujudkan SDGs

Peran asosiasi atau perhimpunan masjid sangat dibutuhkan agar pencapaian SDGs

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani
ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET
Foto:

Sementara menurut Ketua Umum AMKI yang juga menjabat sebagai Ketua Senat Akademik ITB, AMKI sebagai penyelenggara kegiatan seminar/webinar ilmiah masjid untuk organisasi perhimpunan masjid-masjid kampus se-Indonesia yang berdiri pada tahun 2004. Asosiasi ini berdiri sebagai hasil kesepakatan Kongres Masjid Kampus I di Masjid Salman ITB pada 29-30 Mei 2004.

Saat ini, kata dia, AMKI beranggotakan sekitar 200 masjid dari berbagai kampus PTN maupun PTS di seluruh Indonesia.  Program-program AMKI utamanya berfokus pada pembinaan kepemimpinan di tengah generasi muda kampus, serta pengelolaan dan pemberdayaan masjid-masjid di kampus agar lebih bermanfaat bagi masyarakat luas.

Seminar ilmiah tersebut, berlangsung secara daring dibagi ke dalam dua sesi. Yakni, sesi pleno dan sesi presentasi paralel. Pada sesi pleno, hadir para pembicara nasional yaitu Prof Wawan Dhewanto (Guru Besar Kewirausahaan Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB dan salah seorang konseptor program One Pesantren One Product/OPOP), Dr Itje Chodidjah (Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO), Prof Abdul Hamid Habbe (Guru Besar Fak. Ekonomi dan Bisnis Unhas), serta Ir. Adiwarman Azwar Karim (Komisaris Bank Syariah Indonesia).

Sedangkan pada sesi presentasi paralel di siang hingga sore hari, tampil 70 orang penyaji dari kalangan akademisi, takmir maupun aktivis masjid, serta para aktivis LSM. Topik diskusi yang disajikan merentang dari isu pendayagunaan zakat-infak-sedekah-wakaf untuk mengatasi kemiskinan dan kelaparan, peran masjid dalam circular economy, peran masjid dalam kedaulatan pangan, teknologi ramah lingkungan di masjid, pendidikan bermutu hingga pengasuhan keluarga berbasis masjid.

Hasil-hasil diskusi tersebut akan dituliskan para penyaji menjadi makalah lengkap, yang sebagaimana tahun-tahun sebelumnya diterbitkan YPM Salman ITB dalam Prosiding Seminar Ilmiah Masjid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement