Rabu 24 Nov 2021 17:17 WIB

Memaksimalkan Dakwah Secara Digital

Sebagian besar pendakwah masih belum menggunakan teknologi digital.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Dakwah bisa dilakukan melalui internet. Ilustrasi
Foto:

Indra menyadari, sebagian besar pendakwah masih belum menggunakan teknologi digital karena berbagai faktor, di antaranya keterbatasan pemahaman terhadap teknologi digital. "Kalau pun sudah banyak yang memanfaatkan digital, hasilnya belum maksimal. Nah itulah mengapa ada Umma," tutur dia.

Indra menjelaskan, umumnya para pendakwah sudah menggunakan saluran-saluran digital yang tersedia. Namun, media-media digital ini sebetulnya bersifat umum dan tidak dikhususkan untuk demografi tertentu yang dalam hal ini umat Islam. Sehingga tidak mudah bagi pendakwah untuk menyampaikan dakwahnya ke banyak orang.

"Media sosial tidak fokus ke umat Islam dan tidak memberikan perhatian khusus kepada pendakwah. Dengan Umma yang basisnya Muslim, mereka akan dibantu untuk diangkat menjadi bintang dakwah dan mendapat perhatian yang mungkin tidak mereka dapatkan dari platform yag sifatnya lebih umum," tuturnya.

Namun, Indra menekankan, itu bukan berarti Umma ingin para dai dan daiyah meninggalkan platform digital yang telah digunakannya. Umma tidak ingin mereka berhenti dakwah di media-media digital lain. Sebab, kehadiran Umma yaitu untuk melengkapi sarana dakwah dan memperluas jangkauan dakwah para dai dan daiyah.

 

photo
Mengenal Aplikasi Muslim Pro - (Data Republika)

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement