Rabu 24 Nov 2021 17:30 WIB

LHKI Muhammadiyah Perkuat Kampanye Islam Wasathiyah

LHKI Muhammadiyah perkuat kampanye Islam Wasathiyah di media sosial.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ketua LHKI PP Muhammadiyah, KH Dr (HC) Muhyiddin Junaidi
Foto:

Para peserta pelatihan, lanjut Kiai Muhyiddin, mendapatkan tambahan ilmu terutama yang berkaitan dengan penguatan aspek akidah dan kesiapan mereka menyampaikan Islam di era digital dengan cara mudah dan tepat sasaran. Mereka tidak boleh menjadi kader-kader yang lemah akidah dan kader yang cepat dipengaruhi oleh budaya liberalisme, konsumerisme, dan hal lain yang berbahaya bagi peradaban dan umat Islam.

"Materi yang disampaikan, pertama, mengenai bagaimana kita memahami konsep Islam wasathiyah di tengah pergolakan perubahan yang sangat dasyat di era digital. Sehingga jangan kita terbawa oleh arus perubahan sehingga diperlukan pemantapan akidah sehingga betul-betul solid," ujarnya.

Kedua, Kiai Muhyiddin menuturkan, untuk menambah ilmu pengetahuan agar bisa dengan mudah mendeteksi mana yang benar dan salah. Ketiga, memberi pemahaman bahwa kemajuan di bidang teknologi informasi tidak senantiasa memberikan dampak positif bagi umat manusia, tetapi juga ada dampak negatifnya.

"Sekarang media sosial ini tergantung siapa yang menggunakannya, yang bisa memberikan hal-hal positif dan juga sebaliknya. Karena itu perlu ada sterilisasi dan pengebalan akidah generasi muda kita agar jangan terbawa oleh arus yang sangat destruktif. Jadi harus ada milestone yang mereka pahami betul," tuturnya.

Selanjutnya, Kiai Muhyiddin mengungkapkan, materi yang disampaikan yaitu untuk menyadarkan kepada para peserta di tengah tuduhan tentang kelompok terorisme dan radikalisme. "Kita jangan latah menyuarakan itu tanpa mengetahui asal-asul dari semuanya, karena itu bagian tidak terpisahkan dari upaya musuh Islam menciptakan kekacauan dan perpecahan di kalangan internal umat Islam," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement