Asfa, Desa Budaya Favorit Pecinta Sejarah

Senin , 29 Nov 2021, 12:45 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Muhammad Hafil
Asfa, Desa Budaya Favorit Pecinta Sejarah
Asfa, Desa Budaya Favorit Pecinta Sejarah

IHRAM.CO.ID, ASFA—Desa tradisional Asfa di provinsi Maysan, Mekah telah menjadi pusat perhatian para pecinta wisata alam dan budaya. Desa ini terkenal dengan bangunan dan arsitekturnya yang unik, membentuk struktur batu yang dibangun di atas batu putih raksasa dan memiliki desain yang unik. Bangunan desa Asfa juga memiliki fasad kayu yang indah yang menyatu dengan lingkungan alam sekitarnya.

 

Terkait

Asfa didirikan lebih dari 300 tahun pada saat desa-desa mulai bermunculan di sepanjang pegunungan Sarawat. Rumah-rumah di daerah tersebut memiliki ciri khas ruang tamu yang besar, mirip dengan majlis, dan ruangan multiguna lain. Rumah-rumah disana juga selalu dilengkapi dengan lahan terbuka yang biasa difungsikan sebagai peternakan atau perkebunan.

Baca Juga

Ukiran kayu dan fitur budaya yang terukir pada bangunan, mencerminkan selera dan ide penduduk asli. Desa yang berada di selatan Taif ini selalu menjadi spot favorit para fotografer yang ingin mengabadikan bangunan bersejarah dan warisan arsitektur yang hingga kini masih terjaga.

Desa ini dikelilingi oleh lembah, gunung, lahan pertanian dan pepohonan, dan memiliki aliran sungai yang mengalir, serta kebun anggur, buah ara, dan almond. Rumah adat Asfa, serta nilai budaya dan sejarahnya, merupakan pusat upaya melestarikan desa untuk generasi mendatang.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/1977116/saudi-arabia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini