Selasa 30 Nov 2021 21:21 WIB

Tantangan Syiar Islam di Negeri Gingseng

Tantangan yang jelas di Korea Selatan adalah melawan Islamofobia.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Deretan restoran  halal  di kawasan
Foto:

Bagaimana interaksi para perantau Indonesia dengan sesama Muslimin yang beda negara asal di Korsel?

Umat Islam dari berbagai negara itu biasanya berkumpul di masjid permanen di daerah Ansan, Korsel. Ansan itu memang daerah yang terkenal dengan banyaknya warga negara asing. Masjid Ansan itu menjadi pusat ibadah kaum Muslimin dari berbagai negara.

Bahkan, imam masjid itu berasal dari beberapa negara, termasuk Indonesia, Bangladesh, dan Pakistan Jadi, interaksi yang akrab terus terjalin, seperti di Masjid Ansan itu. Kalau dengan sesama warga Indonesia, sebenarnya kumpul-kumpul seperti itu saja sudah cukup mengobati rasa rindu (terhadap Tanah Air ?Red). Kegiatan kumpul-kumpul di masjid juga bisa membentengi mereka dari gaya hidup yang menghambur-hamburkan uang.

Bagaimana orang Korsel pada umumnya memaknai agama, menurut penilaian Anda?

Kebanyakan orang Korea itu tidak memercayai adanya Tuhan. Dengan kata lain, agnostik. Alasan utamanya, mereka itu lebih percaya fakta empiris atau logika ilmu pengetahuan.Awalnya, saya juga berpikir bahwa Konghucu itu agama bagi banyak orang Korea.

Namun, ternyata Konghucu di sini dipandang bukan sebagai sebuah agama, tapi lebih sebagai nilai-nilai hidup.Jadi, ajaran itu diperkenalkan mulai dari sekolah dasar sampai SMA.K

arena itu, bagi orang Korsel yang melakukan mixed marriage dengan orang Islam, sebelum menikah ia harus memeluk agama Islam terlebih dahulu. Nah, dengan banyaknya mixed marriage ini, perkembangan Islam pun menjadi sangat pesat.

Dalam kaitannya dengan itu, kami Nahdliyin di Korsel berupaya mencari cara, kira-kira dakwah yang pas seperti apa, yakni melalui kebudayaan se tempat. Kebetulan, saya baru mendapatkan amanah sebagai ketua tanfidziyah Pengurus Cabang Istimewa Nahlatul Ulama (PCINU) Korsel. Jadi, kami masih formulasikan bersama, kira-kira dakwah seperti apa yang menarik bagi umumnya orang Korea.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement