Rabu 01 Dec 2021 20:46 WIB

Macam-Macam Bimaristan

Bimaristan, sistem pelayanan medis yang dikembangkan peradaban Islam.

Bimaristan
Foto:

Setiap sultan juga menyadari bahwa kebersihan, kemegahan, dan profesio nalitas bimaristanyang ada di wilayahnya menunjukkan prestise pemerintah. Oleh karena itu, mereka sungguh-sungguh serius da lam mendirikan rumah sakit yang mengutamakan kenyamanan para pasien, tenaga medis, praktisi, dan pakar kesehatan.

Sultan Ahmad bin Tulun, misalnya, menghabiskan dana tidak kurang dari 60 ribu dinar untuk mendirikan bimaristandi Fustat (Mesir) pada 872. Di dalamnya, tersedia pelayanan medis untuk publik dan perawatan bagi mereka yang meng idap gangguan jiwa. Mereka yang me metik manfaat dari fasilitas ini tidak di kenai biaya alias gratis. Contoh lainnya yang menunjukkan keberpihakan penguasa.

Bimaristan Marrakisy yang didirikan Raja Dinasti al-Muwahhidun di Maroko pada akhir abad ke-12. Di dalamnya terdapat kebun tanaman herbal yang dilengkapi danau buatan dan air mancur. Keindahan pemandangan itu menjadi obat tersendiri tidak hanya bagi pasien, tetapi juga pengunjung pada umumnya. Peralatan medis yang tersedia juga selalu di pastikan terjaga steril dan berkualitas tinggi sehingga aman digunakan.

 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement