Kamis 02 Dec 2021 01:20 WIB

Bunga dalam Kejayaan Ottoman

Ottoman adalah peradaban yang mencintai bunga.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Bunga tulip Istanbul. Kesultanan Ottoman meletakkan dasar bagi penanaman dan budaya tulip.
Foto:

Mereka yang mengunjungi Istana Topkap mengagumi bunga tulip, anyelir dan eceng gondok di dinding dan juga ubin yang menghiasi masjid. Ini seperti wajah Turki yang terbuka ke dunia luar. Banyak turis datang hanya untuk melihat pola-pola ini. Faktanya, orang asing ramah Turki seperti Joseph von Hammer-Purgstall dan Pierre Loti menutupi satu ruangan rumah mereka di kampung halaman mereka dengan ubin.

Sama seperti segalanya, bunga juga merupakan pernyataan mode. Poppy sering ditampilkan di ubin Seljuk. Dengan warna merahnya yang khas, terlihat sangat menarik di ubin biru. Mawar dan eceng gondok sangat populer di abad ke-16 dan pada akhir abad ke-17, tulip mengambil alih.

"Sebuah periode juga dinamai menurut mereka: Era Tulip. Pada periode ini, tulipmania, atau kegilaan tulip, dimulai di seluruh dunia,"kata dia. 

Motif yang paling umum digunakan, terutama pada karpet Ottoman, adalah bunganya. Karpet ini adalah karya seni yang menyanyikan keinginan gadis-gadis yang menenunnya. Dulu, tidak ada galeri seni seperti sekarang ini. Tapi setiap rumah Ottoman seperti galeri seni. Ada motif bunga di lemari rumah, kotak, peti bahkan di pintu luar rumah.

Buku juga terjalin dengan bunga. Ilustrasinya sendiri sudah seni. Tapi tidak hanya itu, mereka juga sering dihias di bagian pinggirnya dengan bunga. Dalam mushaf (kata Arab yang mengacu pada salinan tertulis dari Quran) dan buku-buku doa ada bunga, bukan titik, di pinggir tulisan dan di akhir ayat.

Bagian luar buku terbuat dari kulit, tetapi beberapa peminat juga menghiasinya dengan bunga. Tradisi sunburst yang diletakkan di tengah sampul adalah motif bunga. Cetakan bunga kecil di sampul terkadang diwarnai dengan brokat. Bahkan, terkadang terlihat bahwa bunga dibuat dengan cat berwarna pada kulit. 

 

Karena setiap bunga memiliki musim, beberapa seniman kertas mengukir lapisan kertas atau kulit untuk membuat bunga buatan dan melukisnya untuk mendapatkan manfaat dari keindahannya bahkan ketika musim telah berakhir. Di masa lalu, bahkan bunga yang jatuh ke tanah disimpan dan dikeringkan di antara halaman-halaman buku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement