Kamis 02 Dec 2021 16:16 WIB

Pakaian Takwa Lebih Penting Dari Pakaian Biasa

Alquran menerangkan bahwa Allah telah menyediakan pakaian untuk anak-cucu Nabi Adam.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Takwa (ilustrasi).
Foto: blog.science.gc.ca
Takwa (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menerangkan bahwa Allah telah menyediakan pakaian untuk anak-cucu Nabi Adam Alaihissalam guna menutupi aurat, perhiasan dan pelindung tubuh. Namun, ada pakaian yang lebih penting dan baik yakni pakaian takwa. Meski pakaian yang dikenakan manusia adalah pakaian mahal demi penampilan, tanpa pakaian takwa tidak ada artinya. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-A'raf Ayat 26 dan tafsirnya.

يَا بَنِيْٓ اٰدَمَ قَدْ اَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُّوَارِيْ سَوْاٰتِكُمْ وَرِيْشًاۗ وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ

Baca Juga

Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat. (QS Al-A'raf: 26).

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, pada ayat ini, Allah menyeru kepada anak-cucu Adam dan memperingatkan nikmat yang begitu banyak yang telah dianugerahkan-Nya agar mereka tidak melakukan maksiat. Tetapi hendaklah mereka bertakwa kepada-Nya, di mana saja mereka berada, sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW ini.

"Bertakwalah kepada Allah di mana pun engkau berada." (HR At-Tirmidzi dari Mu'adz bin Jabal)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement