Jumat 17 Dec 2021 16:14 WIB

Allah Larang Manusia Membuat Kerusakan di Muka Bumi

Allah SWT melarang manusia untuk berbuat kerusakan di muka bumi.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Bumi berada dalam jarak yang paling dekat dengan Matahari. (ilustrasi)
Foto: nasa
Bumi berada dalam jarak yang paling dekat dengan Matahari. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Allah SWT melarang manusia untuk berbuat kerusakan di muka bumi. Kerusakan yang dimaksud adalah kerusakan apapun atau berbagai bentuk kerusakan. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-A'raf dan tafsirnya.

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ

Baca Juga

Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan. (QS Al-A'raf: 56)

Penjelasan Tafsir Kementerian Agama, dalam ayat ini Allah melarang manusia agar tidak membuat kerusakan di muka bumi. Larangan membuat kerusakan ini mencakup semua bidang, seperti merusak pergaulan, jasmani dan rohani orang lain, kehidupan dan sumber-sumber penghidupan seperti pertanian, perdagangan, merusak lingkungan dan lain sebagainya.

 

Bumi ini sudah diciptakan Allah dengan segala kelengkapannya, seperti gunung, lembah, sungai, lautan, daratan, hutan dan lain-lain, yang semuanya ditujukan untuk keperluan manusia, agar dapat diolah dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan mereka. Oleh karena itu, manusia dilarang membuat kerusakan di muka bumi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement