Selasa 07 Dec 2021 16:45 WIB

Pesona Masjid di Kawasan Rest Area Solo-Surabaya

Ada banyak masjid berdiri di kawasan rest area.

Rep: Bowo S Pribadi/ Red: Agung Sasongko
Foto udara suasana mobilitas kendaraan di ruas Jalan Tol Semarang-Solo di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/7/2021). Polda Jawa Tengah berencana menutup seluruh pintu keluar tol di wilayah Jawa Tengah pada Jumat (16/7) - Kamis (22/7) guna membatasi berbagai aktivitas maupun mobilitas masyarakat berkaitan dengan pelaksanaan PPKM Darurat Jawa-Bali sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19.
Foto:

Selain Rest Area Km 726 B dengan Masjid at-Taubah, Rest Area Km 519 A dan Rest Area Km 519 B di ruas Tol Solo-Ngawi juga memiliki bangunan 'masjid kembar'. Si kembar juga memiliki bentuk yang cukup unik dan indah.

Seperti halnya Masjid at-Taubah, bangunan masjid kembar ini juga berada lebih dekat dengan pintu masuk rest area. Kedua masjid tersebut memiliki desain sederhana dan bentuknya mirip tenda kafe dengan atap berbentuk piramid.

Meski secara bentuk bangunan sama, yang membedakan keduanya adalah masjid di Rest Area Km 519 B itu memiliki atap warna biru langit dengan kombinasi warna biru tua pada pintunya. Sementara itu, masjid di Rest Area Km 519 A memiliki atap warna cokelat dengan kombinasi warna oranye pada pintunya.

Tiap-tiap masjid itu cukup untuk menampung 300 orang. Ketiga sisi dindingnya didominasi ventilasi udara sehingga di bagian dalam masjid cukup sejuk walaupun matahari sedang terik.

Salah seorang pengguna jalan tol, Mukhlis (52), mengatakan, fasilitas masjid yang ada di Rest Area Km 519 A cukup nyaman. Selain karena kondisinya sangat bersih, berada di dalam masjid tersebut cukup adem. "Walaupun rest area ini masih panas karena belum banyak pepohonan yang rimbun, tetapi di dalam masjid cukup nyaman dan angin yang masuk dari ventilasi udara cukup menyejukkan," katanya. 

Menurut dia, fasilitas tempat ibadah cukup membantu pengguna jalan tol. Pengguna tol tidak harus keluar untuk shalat, tetapi cukup mencari rest area. 

 

Sementara itu, sarana ibadah yang ada di Rest Area Km 626 B juga cukup representatif. Mushala yang berada di Rest Area Forest Village ini menyatu dengan bangunan utama. Selain bersih, mushala yang mampu menampung 50 orang tersebut juga cukup asri. Pasalnya, bangunannya berada di area petak 34 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pepe, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Petung, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement