Selasa 14 Dec 2021 05:35 WIB

Kisah Haji Raja Mali, Mansa Musa yang Bagi-Bagi Emas di Mesir

Raja Mansa Musa diuji keimanannya setelah melaksanakan haji. 

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
Kisah Haji Raja Mali, Mansa Musa yang Bagi-Bagi Emas di Mesir.
Foto:

Dia kemudian mengirimkan hadiah 50 ribu dinar kepada Sultan Mesir sebelum menetap di Kairo selama tiga bulan. Sultan meminjamkan istananya untuk musim panas dan memastikan bahwa rombongannya diperlakukan dengan baik.

Mansa Musa memberikan ribuan batangan emas dan para pedagang Mesir memanfaatkannya dengan membebankan harga lima kali lipat dari harga normal barang-barang mereka. Hal tersebur menyebabkan nilai emas di Mesir menurun sebanyak 25 persen.

Pada saat Mansa Musa kembali ke Kairo dari haji, bagaimanapun, ia telah kehabisan uang dan harus meminjam dari pedagang Mesir lokal.

Ujian Keimanan

Mansa Musa adalah seorang yang saleh, dia bukanlah seorang pertapa. Kekuatan kekaisarannya dihormati secara luas, dan dia ditakuti di seluruh Afrika. 

Catatan Ibnu Batutah menunjukkan Musa mengharapkan etika penghormatan tradisional yang sama dilakukan untuknya seperti halnya raja lainnya. Orang-orang yang menyambutnya harus berlutut dan menyebarkan debu ke atas diri mereka sendiri. Bahkan di Kairo, Mansa Musa disambut oleh rakyatnya dengan cara tradisional. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement