Kamis 16 Dec 2021 04:44 WIB

MUI Luncurkan Sekolah Hak Asasi Manusia

Majelis Ulama Indonesia (MUI) meluncurkan sekolah Hak Asasi Manusia (HAM).

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Gedung MUI
Foto:

Sementara Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengatakan, manusia dianugrahi oleh Tuhan Yang Maha Esa akal budi dan nurani untuk membedakan mana yang baik dan buruk. Lewat akal-budi mansuia memiliki hak dan kebebasan yang mendasar dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"Kebebasan itu yang kita sebut Hak Asasi Manusia, yang melekat pada manusia. Secara umum Hak Asasi manusia, hak-hak secara internal melekat pada manusia tanpanya manusia tidak dapat hidup, semua manusia memiliki martabat tanpa memandang, ras, jenis, kelamin, keyakinan, politik, dan agama. Hak Asasi Manusia tidak terbatas pada orang tertentu dan tanpa diskriminasi. Hak-hak ini harus dihormati dan dilindungi," ucap Bambang.

Dia mengungkapkan, ada banyak nilai-nilai islam yang sesuai dengan HAM, sebagai agama kemanusian universal, islam menempatkan martabat kemanusiaan dalam kemuliaan dan menjunjung tinggi keadilan. Hal ini lah menjadi esensi dari HAM.

Bambang mengatakan, sebelum deklarasi HAM oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), umat islam telah terlebih dahulu mengenal Piagam Madinah pada 622 Masehi. Ini dikenal sebagai deklarasi HAM paling awal. Adanya reformasi kesukuan atau kabilah dan tidak membedakan manusia, suku, ras dan agama, mengedepankan kebebasan termasuk peribadatan masing-masing agama, menjunjung tinggi keadilan tanpa membedakan latar agama. 

Menurut Bambang, kemajemukan umat islam, organisasi, aliran dan aspirasi memiliki sisi positif dalam hal kekuatan. Akan tetapi di sisi lain dapat menjadi sumber pertentangan dalam umat islam. Dia mengatakan, di sini lah pentingnya MUI sebagai wadah silaturahmi ulama, pemimpin dan cendikiawan muslim. 

MUI secara internal merupakan rumah besar umat islam, memiliki tanggung jawab besar, dan secara eksternal mempunyai tanggung jawab mewujudkan harmoni dalam keberagaman.

 

"MPR mengapresiasi pendirian sekolah HAM, melalui acara ini berharap akan menguatkan komitmen kebangsaan. Selamat kepada MUI atas webinar ini, atas amanat MUI dengan mengucapkan bismillah, dengan ini sekolah HAM MUI saya resmikan. Semoga dapat membawa kemaslahatan khususnya bagi umat islam," kata Bambang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement