Jumat 17 Dec 2021 03:14 WIB

6 Manfaat Berdzikir Mengingat Allah SWT

Apalagi, bila seorang Muslim tahu manfaat berdzikir, tentu tidak akan meninggalkannya

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Infografis Doa dan Dzikir Setelah Sholat
Foto:

Ketiga, manfaat selanjutnya ialah untuk keluar dari krisis dan dari segala bentuk kesulitan. Ini seperti yang dialami Nabi Yunus, yang diabadikan dalam Alquran.

Allah SWT berfirman, "Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, "Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim." (QS Al-Anbiya ayat 87)

Keempat, faedah berikutnya yaitu untuk mengungkap suatu penyakit yang kita alami, agar kemudian mendapat kesembuhan atas izin Allah SWT. Hal ini seperti yang menimpa Nabi Ayub. 

"Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, "(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang." Maka Kami kabulkan (doa)nya, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan (Kami lipat gandakan jumlah mereka) sebagai suatu rahmat dari Kami, dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Kami." (QS Al-Anbiya ayat 83-84) 

Kelima, faedah berdzikir yakni untuk menghilang segala bentuk kecemasan yang mendera dan juga sebagai sarana untuk mengungkap kesulitan yang kita alami. Hal itu sebagaimana yang dialami oleh Nabi Nuh.

"Dan (ingatlah kisah) Nuh, sebelum itu, ketika dia berdoa. Kami perkenankan (doa)nya, lalu Kami selamatkan dia bersama pengikutnya dari bencana yang besar. Dan Kami menolongnya dari orang-orang yang telah mendustakan ayat-ayat Kami. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang jahat, maka Kami tenggelamkan mereka semuanya." (QS Al-Anbiya ayat 76-77) 

 

Keenam, yaitu untuk memperluas rezeki. Ini jugalah yang dilakukan oleh Nabi Sulaiman bin Nabi Daud. "Dia berkata, "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi." (QS Sad ayat 35)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement