Senin 20 Dec 2021 01:57 WIB

 ‘Menyentuh’ Hajar Aswad dengan Teknologi VR

Seluruh jamaah dapat merasakan sensasi menyentuh Hajar Aswad secara virtual.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Foto Hajar Aswad
Foto: Arab News
Foto Hajar Aswad

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kerajaan Arab Saudi meluncurkan inisiatif teknologi virtual reality (VR) yang memungkinkan seluruh jamaah dapat merasakan sensasi menyentuh Hajar Aswad secara virtual. Inisiatif tersebut bertujuan menstimulasikan realitas dan pengalaman digital berhaji kepada umat Islam seluruh dunia di Ka’bah, Mekah secara virtual. 

'Inisiatif Batu Hitam Virtual' akan menjadi bagian dari Badan Urusan Pameran dan Museum Kerajaan yang diwakili oleh Administrasi Umum Pameran Digital, dan merupakan hasil kerjasama dengan Penjaga Dua Masjid Suci Institut Penelitian Haji dan Umrah di Universitas Umm al-Qura.

Baca Juga

Sebelumnya pada bulan Mei, untuk pertama kalinya dalam sejarah, para pejabat Saudi menangkap gambar Hajr-e-Aswad yang sangat jernih dari dekat. Penasihat kementerian informasi Saudi mengatakan bahwa butuh tujuh jam untuk mengambil gambar hingga 49.000 megapiksel.

Dia berkata karena Hajar Aswad adalah “sepotong Jannah (surga) dan gambar beresolusi tinggi pertama kali itu mencerminkan betapa indahnya surga...”

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement