Rabu 22 Dec 2021 17:17 WIB

Alquran Ceritakan Kaum yang Melampaui Batas

Alquran menyebut Kaum Luth sebagai kaum yang melampaui batas.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Bab-Edh-dhra, lokasi ditemukannya reruntuhan kota Sodom dan Gomoroh

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan bahwa Nabi Luth menegaskan kepada kaumnya bahwa sesungguhnya mereka melakukan homoseksual, perbuatan yang bukan saja bertentangan dengan fitrah manusia, tetapi juga menghambat perkembangbiakan manusia.

Perbuatan homoseksual hanya bertujuan pelepasan nafsu birahi semata karena pelakunya lebih rendah dari hewan. Hewan masih memerlukan jenis kelamin lain untuk memuaskan nafsu birahinya dan keinginan mempunyai keturunan.

Misalnya binatang yang merayap dan yang terbang memulai kehidupannya dengan betina dan jantan untuk bersama-sama membuat sarang di atas pohon. Sedangkan kelakukan homoseks tidak mempunyai maksud demikian selain melampiaskan nafsu birahi semata. Dengan bersemangat Nabi Luth mengutuk dan mencemoohkan tingkah laku mereka.

Pada akhir ayat ini diungkapkan bahwa Nabi Luth selalu mengakhiri ucapannya dengan kata-kata, "Tetapi wahai kaumku, kamu adalah benar-benar golongan yang melampaui batas, karena kamu meninggalkan akal sehat dan menyimpang dari fitrah manusia, sehingga kamu tidak memikirkan akibat buruk dari tingkah lakumu, yaitu memutuskan keturunan, merusak kesehatan dan melanggar peradaban."

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement