Rabu 22 Dec 2021 18:30 WIB

Doa untuk Orang Tua, ini Lafaznya

Ini lafaz doa untuk orang tua yang bisa diucapkan setiap selesai sholat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto:

Ustadz Syamsuddin Noor menjelaskan dalam bukunya Dahsyatnya Do’a Ibu, ada beragam cara berbakti kepada orang tua. Di antaranya adalah merawat dengan baik apabila ibu atau ayah sudah tua. Merawat orang tua yang sudah memasuki usia senja adalah ladang ibadah bagi anak. Ini merupakan jalan memperoleh kemuliaan di sisi Allah dan membukakan pintu-pintu rahmat Allah.

Sementara itu, bagi anak yang sudah ditinggalkan orang tuanya, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tetap berbakti selain berdoa adalah melaksanakan wasiat dan nazar. Wasiat adalah pesan orang tua sebelum ia meninggal. Dengan melaksanakan apa yang diwasiatkan oleh orang tua termasuk Birrul Walidaini.

Wasiat orang tua tidak hanya sebatas soal harta tetapi ada banyak hal yang dipesankan. Misal, mereka berwasiat agar anak-anaknya tetap menjaga iman dan Islamnya dan memelihara sholat.

 

Selain melaksanakan wasiat, anak juga bisa melaksanakan nazar yang belum sempat orang tua lakukan. Dari Ibnu Abbas berkata “Saad bin Ubadah meminta fatwa kepada Rasulullah tentang nazar yang pernah dinazarkan oleh ibunya tetapi dia wafat sebelum sempat melaksanakannya.” Rasulullah bersabda “Maka laksanakanlah untuknya,” (HR Bukhari). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement