Jumat 24 Dec 2021 14:24 WIB

Diriyah akan Jadi Ibu Kota Kebudayaan Arab pada 2030

Di Diriyah banyak warisan budaya yang bersejarah.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Esthi Maharani
Kota Tua Diriyah
Foto: infosaudi.sa
Kota Tua Diriyah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmiah Liga Arab (ALECSO) mengatakan Diriyah Arab Saudi akan menjadi ibu kota kebudayaan Arab untuk tahun 2030. Hal ini karena di Diriyah banyak warisan budaya yang bersejarah.

"Diriyah dipilih karena simbiolismenya yang abadi pada tingkat budaya lokal dan regional. Sejarahnya juga yang luar biasa dengan warisan beradab yang masih berpengaruh hingga saat ini,” kata salah satu ALECSO dikutip dari Al Arabiya pada Jumat (24/12).

Baca Juga

Diketahui, hal itu muncul setelah para Menteri Kebudayaan Arab memilih Diriyah sebagai Ibukota Kebudayaan Arab 2030 pada pertemuan tahunan mereka yang merupakan bagian dari ALECSO yang diadakan di Dubai, Uni Emirat Arab.

Komite permanen organisasi untuk budaya mendukung pemungutan suara tersebut, menjadikannya yang kedua kalinya kota Saudi dipilih sebagai ibu kota budaya Arab setelah Riyadh dipilih pada tahun 2000.

Otoritas Pengembangan Gerbang Diriyah, yang saat ini sedang berlangsung sebagai salah satu proyek besar Arab Saudi yang bertujuan menjadikan Diriyah sebagai tujuan wisata budaya global yang penting.

Pemilihan Diriyah sebagai ibu kota budaya Arab pada 2030 akan mencakup penyelenggaraan acara yang mencakup lokakarya artistik dan pertunjukan khusus di teater dan bioskop, festival, kompetisi dan pekan budaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement