Jawaban Utbah bin Ghazawan Ketika Ditawari Kemewahan

Selasa , 28 Dec 2021, 01:12 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Utbah bin Ghazawan adalah Sahabat Nabi Muhammad SAW yang jago dalam memanah. Sahabat yang lahir pada tahun 40 sebelum hijrah ini pernah diutus oleh Khalifah Umar bin Khattab untuk menuju Ablah, Persia, dengan tujuan membebaskan kota tersebut.

 

Terkait

Utbah memimpin pasukan dalam jumlah yang cukup besar. Setelah perang berkecamuk, Kota Ablah akhirnya berhasil dibebaskan kemudian nama kota tersebut diubah menjadi Kota Bashrah. Utbah pun mendirikan sebuah masjid di sana.

Baca Juga

Setelah itu, Umar tetap meminta Utbah untuk berada di Bashrah supaya dirinya mengajarkan Islam kepada penduduk setempat di Bashrah. Utbah selain membebaskan Ablah, juga membebaskan kota Maisan dan Abdzaqubadz yang kemudian kedua kota ini bisa dibebaskan.

Mengenai kehidupannya, sebagaimana penjelasan dalam 'Tokoh-tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah' karya Syaikh Muhammad Sa'id Mursi, yang diterjemahkan oleh penerbit Pustaka Al-Kautsar, Utbah hidup dalam kezuhudan.

Bahkan banyak orang yang menawarkan kehidupan yang mewah dan glamor kepada dirinya, tetapi semua itu ia tolak. Saat ditawari berbagai kemewahan, dia berkata: "Aku berlindung kepada Allah menjadi orang besar dalam kehidupan duniawi kalian, dan menjadi orang kerdil di hadapan Allah".