Keunikan Desain Masjid Sehitlik

Selasa , 28 Dec 2021, 08:16 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Masjid Sehitlik di Jerman.
Masjid Sehitlik di Jerman.

Seperti halnya arsitektur Utsmaniyah, masjid ini memiliki sebuah kubah raksasa yang dikelilingi lengkungan sete ngah bola pada delapan sisi. Kubah besar itu memiliki tinggi 21,1 meter. Bebannya ditopang oleh delapan pilar tebal yang tertancap pada lantai pertama masjid.

 

Terkait

Adapun tiap menara mencapai ketinggian 37,07 meter. Pembangunannya sempat menuai protes. Sebab, lokasi Masjid Sehitlik kebetulan tidak begitu jauh dari bandar udara Tempelhof.Sesuai kesepakatan, menara ini hanya boleh dengan tinggi tidak lebih dari 38 meter. Di samping itu, pihak takmir juga harus membayar denda sebesar 80 ribu euro sebagai kompensasi. 

Keanggunan memancar dari sisi interior rumah ibadah Islam ini. Mihrabnya diukir dengan sangat indah. Di atasnya, terdapat ornamen-ornamen kaligrafi Alquran. Lampu hias menggantung di bawah kubah utama. Di tengah-tengah kubah bagian dalam terdapat kaligrafi surah al-Ikhlas yang berwarna keemasan. Pada lengkungan di atas pilar penyangga kubah utama terdapat kali grafi bertuliskan lafazh Allah. Di dekat nya, ada guratan nama-nama Nabi Mu hammad SAW serta para sahabat, yakni Abu Bakar ash-Shiddiq, Umar bin Kha tab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Pada 2010 lalu, Masjid Sehitlik sempat menjadi sasaran tindakan Islamofobia. Akibatnya, sebagian bangunan tersebut mengalami kerusakan.Ditaksir, kerugian saat itu mencapai 60 ribu euro. Bagaimanapun, masyarakat Muslimin Jerman, khususnya di Berlin, terus mengupayakan kehidupan yang toleran dan terbuka. Tidak hanya meng adakan open mosque, pihak takmir se tempat juga sering menggelar kajian- kajian keislaman yang mengundang siapapun untuk datang.