Ini Manfaat Muhasabah Akhir Tahun Menurut Imam Besar Istiqlal

Kamis , 30 Dec 2021, 19:30 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Agung Sasongko
Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar
Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar mendukung agenda Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menggelar Muhasabah akhir tahun. Untuk itu sudah sepatutnya umat Islam ikut menyukseskan acara ini.

 

Terkait

"Muhasabah untuk bedoa bersama agar covid menghilang, perekonomian bangsa membaik, dan keutuhan bangsa makin kokoh," kata KH Nasaruddin Umar saat dihubungi Republika, Kamis (30/12).

Baca Juga

Sebelumnya, wakil Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Habib Nabiel Al-Musawa mengatakan, Muhasabah akhir tahun MUI bukan untuk merayakan pergantian akhir malam tahun baru. Agenda ini dihelat untuk mengingatkan umat dari agenda yang membuatnya lalai dari mengingat Allah SWT dan Rasulull-Nya.

"Muhasabah setahun Majelis Ulama ini itu tugasnya adalah untuk mengarahkan umat untuk supaya tetap berada di dalam rel yang diridhoi oleh Allah subhanahu wa ta'ala dan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam," kata Habib Nabiel saat dihubungi, Republika, Rabu (29/12).

Menurutnya, pada pergantian tahun baru ini, biasanya banyak masyarakat lupa kepada Allah dan Rasulullah-Nya, karena mereka larut di dalam hiburan-hiburan yang tidak bermanfaat dan menjauhkannya dari ajaran Islam. Biasanya mereka berkumpul melakukan maksiat seperti minum-minuman keras, berzina dan segala macam maksiat dilakukan.

"Nah oleh sebab itu maka walaupun tidak ada sunnahnya ya kita mengadakan Muhasabah akhir tahun miladiyah. Meski muhasabah  ada yang bilang ini bidah, karena di zaman rasul nggak ada itu," ujarnya.