Jumat 31 Dec 2021 20:20 WIB

5 Urgensi Muhasabah untuk Seorang Muslim

Muhasabah merupakan upaya evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Muhasabah (ilustrasi)
Foto:

Ustaz Kusyairi mengatakan muhasabah yang berasal dari akar kata hasiba yahsabu hisab adalah sebuah upaya evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam semua aspeknya. Muhasabah dapat menjadi sarana untuk me-recharge niat dan semangat dalam mengisi dan memanfaatkan dengan baik sisa-sisa umur kita di dunia. 

Menurutnya urgensi muhasabah bagi seorang muslim terlihat pada lima hal. Pertama, muhasabah adalah Mathlabun Syar’iyyun (tuntutan syariat). Sebab, merupakan perintah Allah Ta’ala sebagaimana firman-Nya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (Akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr: 18). 

Saat menafsirkan ayat ini, Imam Ibnu Katsir mengatakan, “Maknanya, hisablah dirimu sebelum kamu dihisab. Lihat dan perhatikanlah apa yang kamu tabung untuk dirimu dari amal shalih untuk hari kebangkitanmu dan saat kamu dihadapkan kepada Rabb-mu. Ketahuilah sesungguhnya Allah Maha Mengetahui seluruh perbuatan dan keadaanmu. Tidak ada sesuatu apa pun pada dirimu yang tidak diketahui Allah” (Tafsir Ibnu Katsir, V/69).

Sebelumnya, Sayyidina Umar bin Khaththab RA pernah berkata: “Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab dan timbanglah diri kalian sebelum kalian ditimbang, karena lebih mudah bagi kalian menghisab diri kalian hari ini daripada besok (hari Kiamat). Dan bersiaplah untuk menghadapi pertemuan terbesar. Ketika itu, kalian diperlihatkan/dibeberkan dan tidak ada sesuatu pun pada kalian yang tersembunyi” (HR Imam Ahmad dalam kitab Az Zuhd, hal. 177).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement