Jumat 31 Dec 2021 20:20 WIB

5 Urgensi Muhasabah untuk Seorang Muslim

Muhasabah merupakan upaya evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Muhasabah (ilustrasi)
Foto:

Manusia dengan sifat-sifat seperti inilah yang dipuji oleh Allah SWT dalam firman-Nya:

“Sesungguhnya orang-orang yang berhati-hati karena takut akan (azab) Tuhan mereka. Dan orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Tuhan mereka. Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan dengan Tuhan mereka (sesuatu apapun). Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka, mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya”._ (QS Al Mu’minuun (23): 57-60).

Tentang ayat ini Aisyah RA pernah bertanya kepada Rasulullah SAW: apakah mereka adalah orang-orang yang biasa minum khamr, berzina dan mencuri? Beliau menjawab: “Bukan wahai putrid Ash Shiddiq. Melainkan mereka adalah orang-orang yang rajin puasa, shalat, shadaqa, tetapi selalu merasa takut jangan-jangan Allah tidak menerima amal-amal mereka. Mereka itulah orang-orang yang bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan”. (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad).

 

"Untuk itu, mari kita manfaatkan momentum pergantian tahun untuk muhasabah. Siapapun kita, apakah pejabat, karyawan, orang tua, ibu rumah tangga, pelaku bisnis, politikus, pemimpin, budayawan, guru, dosen, jurnalis dan lain sebagainya. Sudah siapkah kita menghadapi kematian? Sudah cukupkan bekal amal shalih kita? Masihkah kita terus tenggelam dalam dosa, maksiat dan kezaliman? Sudah amanah dan adilkah kita sebagai pejabat atau pemimpin? Apa jadinya jika menghadap Allah di akhirat kelak dalam kondisi diri ‘blepotan’ dosa dan nista?! Mari perbanyak istighfar dan taubat. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita. Mari raih hidup indah dan berkah dengan muhasabah," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement