Imam dan Makmum Keluar Masjid Tanpa Doa, Begini Kata Ulama

Ahad , 02 Jan 2022, 17:29 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Sholat Berjamaah (ilustrasi)
Sholat Berjamaah (ilustrasi)

Maksudnya, kata Syekh Nawawi, jika umat Islam telah selesai beribadah, maka harus segera lah berdoa dan cintailah terhadap apa yang ada di sisi Allah SWT, dan mintalah itu dari-Nya. Dalam hadits juga disebutkan, dari Anas bin Malik ra., bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

 

Terkait

“Bila imam berdiri di mihrab, sementara shaf-shaf sudah menyambung, maka rahmat akan turun. Awalnya dimulai dengan imam, lalu orang yang di sebelah kanannya, lalu orang yang di sebelah kirinya, sehingga rahmat terpencar kepada jamaah. Lalu malaikat berseru, ‘Beruntunglah si fulan, dan rugilah di fulan’. Yang beruntung adalah orang yang mengangkat kedua tangannya untuk berdoa kepada Allah SWT ketika usai sholat fardhu. Sedangkan orang yang rugi adalah orang yang keluar dari masjid tanpa doa. Bila dia keluar tanpa doa, maka para malaikat berkata, ;Hai fulan, kamu tidak butuh Allah SWT. Kamu tidak memiliki hajat atas Allah SWT.”

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT menyukai orang-orang yang serius tatkala berdoa.” (HR Hakim, Ibnu Adiy, dan Baihaqi dari Aisyah).