Ahad 02 Jan 2022 18:34 WIB

Menikmati Dekla di Puncak Kompe Riau

Dekla menjadi salah satu andalan kuliner di Puncak Kompe, Riau.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Agung Sasongko
Dekla merupakan olahan kelapa muda dalam bentuk jeli lembut menjadi salah satu produk kuliner yang dibuat oleh masyarakat lokal di Desa Koto Mesjid, Riau.
Foto:

Refni menuturkan saat ini sudah ada dua rumah kreatif di desa wisata Koto Mesjid yang memproduksi dekla. Dia mengatakan, hanya menggunakan kelapa lokal untuk memproduksi dekla.

"Kelapa juga diproduksi dari kampung sendiri. Di setiap rumah biasanya ada pohon kelapa di dekat kolam. Kalau pakai kelapa luar, rasanya beda," tutur Refni.

Refni memastikan, sebanyak apapun pesanan saat ramai wisatawan akan diusahakan menggunakan kelapa lokal di desa. Kelapanya langsung dibeli dari penduduk sehingga pengembangan kuliner di desa wisata juga berdampak baik kepada warga sekitar.

Dekla menjadi salah satu pelengkap dari pengembangan wisata berbasis komunitas yang dilakukan PHR dan STP Riau. Konsep tersebut diterapkan dengan mengembangkan destinasi wisata dengan memberdayakan masyarakat lokal. Tak hanya dekla, wisatawan yang berkunjung ke Puncak Kompe juga dapat berkunjung ke Desa Wisata Kampung Patin yang lokasinya tak jauh dari Raja Ampat nya Riau itu.

Di Desa Wisata Kampung Patin juga terdapat homestay. Ikan patin yang juga langsung dibudidayakan oleh masyarakat juga menjadi andalan kuliner selain dekla. Di homestay yang berada di desa tersebut, wisatawan dapat menikmati beragam olahan ikan patin.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement