Ahad 02 Jan 2022 18:34 WIB

Menikmati Dekla di Puncak Kompe Riau

Dekla menjadi salah satu andalan kuliner di Puncak Kompe, Riau.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Agung Sasongko
Dekla merupakan olahan kelapa muda dalam bentuk jeli lembut menjadi salah satu produk kuliner yang dibuat oleh masyarakat lokal di Desa Koto Mesjid, Riau.
Foto:

Ikan patin yang disajikan tentunya memiliki cita rasa yang khas. Pengolahannya bahkan disiapkan betul dari mulai budidaya ikan hingga menjadi santapan untuk para wisatawan.

Saat Republika mencicipi beberapa menu olahan ikan patin, ikannya terasa tidak berbau lumpur dan sangat terasa segar. Beberapa menu andalan yang disajikan yaitu ikan patin yang digulai bersama daun singkong, ikan patin bakar, dan ikan patin asap. Tak hanya itu, dekla pun juga turut hadir untuk menjadi santapan penutup usai menikmati ikan patin.

Direktur STP Riau Eni Sumiarsih menuturkan, pencapaian Koto Mesjid sebagai Desa Wisata Kampung Patin merupakan salah satu kebanggan masyarakat. "Ini menjadi energi positif bagi pengembangan desa wisata lainnya di Riau," ungkap Eni.

 

Eni menuturkan PHR dan STP Riau memberikan pelatihan dan bimbingan kepada masyarakat untuk meningkatkan keterampilan, pemandu wisata, penginapan, hingga kuliner. Hal tersebut berbuah baik kepada kelengkapan yang dinikmati wisatawan saat berkunjung ke Desa Wisata Koto Mesjid. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement