Menag Minta Jajarannya Lakukan Transformasi Layanan Umat

Senin , 03 Jan 2022, 12:29 WIB Reporter :Fuji Eka Permana/ Redaktur : Agung Sasongko
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Menag mengatakan, jadikan pula lima nilai budaya kerja Kemenag, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku ASN Kemenag.

 

Terkait

Menag yakin, jika jajarannya berpegang teguh pada semangat menjadikan agama sebagai inspirasi dan juga lima nilai budaya kerja, maka ASN Kemenag akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Transformasi layanan umat yang menjadi tagline peringatan HAB ke-76 Kemenag, akan dengan cepat dan mudah dilakukan. 

Kemenag menyampaikan, sepanjang 2021, sejumlah capaian telah diraih Kemenag. Indeks kesalehan umat beragama misalnya, tahun ini mencapai 83,92 atau lebih tinggi dari tahun 2020 (82,52). Indeks kerukunan umat beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021.

"Indeks kepuasan layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021," jelas Menag.

Menag mengatakan, dari segi tata kelola keuangan, Kemenag kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016. Satuan kerja yang mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga terus bertambah. Tahun 2021, ada dua satker Kemenag yang meraih predikat WBK, yaitu Kankemenag Kota Salatiga dan MAN Insan Cendekia Serpong.

"Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Kemenag serta saudara sekalian. Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih kepada segenap ASN Kemnenag yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kementerian Agama," ujar Menag.