Selasa 04 Jan 2022 15:46 WIB

Ghibah Merontokan Pahala

Ghibah adalah membicarakan aib atau keburukan atau rahasia orang lain

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Bergunjing, ghibah (ilustrasi)
Foto:

Ustaz Faried menjelaskan dalam sebuah hadits Rasulullah Saw pernah mengingatkan Aisyah untuk menjauhi ghibah. Rasulullah menjelaskan bahwa ghibah memiliki tiga bahaya yakni tidak akan dijawab doa orang yang berlaku ghibah, tidak akan diterima kebaikannya, dan kejahatan kejahatan akan semakin datang pada dirinya.

Sementara orang yang namimah, jelas ustaz Faried adalah seburuk-buruk orang di hari kiamat. Orang yang mengadu domba akan di hari kiamat akan memiliki dua lida dari api neraka. Dan orang yang mengadu domba tidak akan masuk neraka.

Ustaz Faried menceritakan kisah yang diriwayatkan dari Amr bin Dinar tentang balasan bagi orang yang suka mengadu domba. Seorang perempuan yang tinggal di pinggiran kota Madinah kerap dikunjungi oleh saudaranya. Tak lama kemudian perempuan itu meninggal. Saudaranya kemudian memakamkan.

Saat kembali ke rumah, dompet saudaranya itu tertinggal dikuburkan. Ketika kembali, ia melihat dari kuburan saudara perempuannya itu lebih dengan api. Ia pun segera memberitahu ibunya dan bertanya tentang perbuatan apa yang dilakukan saudara perempuannya semasa hidup. Ibunya menjelaskan bahwa saudara perempuannya itu kerap datang dari satu rumah ke rumah lain untuk mengadu domba. Maka dari itu menurut ustaz Faried seorang Muslim harus menjauhi ghibah dan namimah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement