Rabu 05 Jan 2022 06:30 WIB

Ukiran Batu Ungkap Gambaran Budaya Arab Paling Awal

Para sejarawan berhasil mengungkap seperti apa gambaran budaya Arab.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Artefak Ukiran Batu di Jubbah Arab Saudi
Foto:

Aksara Zabur juga muncul di selatan dan berasal dari sekitar 500 SM. Ada yang mengatakan aksara Arab Selatan kuno dan aksara Zabur muncul pada waktu yang hampir bersamaan.

"Di utara Jazirah Arab, aksara Thamudic digunakan sejak 800 SM dan terdiri dari 29 karakter. Prasasti telah ditemukan pada fasad batu di sepanjang rute perdagangan dari ujung selatan dunia Arab ke ujung utara," ujarnya.

Aksara Safaitik disebut mirip dengan aksara Thamud dan berasal dari abad pertama SM. Berasal dari abad kesembilan, aksara Aram berisi 22 huruf, diambil dari tulisan Fenisia dan tersebar luas di dunia kuno, terutama di Mesopotamia, Iran, India, Mesir, maupun Semenanjung Arab bagian utara.

Hawsawi lantas menunjukkan aksara Dadanite dan Lihyanite berasal dari abad keenam atau kelima SM yang berisi 28 huruf, beberapa di antaranya menyerupai aksara Thamudik dan Arab Selatan kuno. Hal itu ditulis dari kanan ke kiri dan kata-katanya dipisahkan oleh garis vertikal. 

Aksara Palmyrene dan Syriac yang berasal dari bahasa Aram berasal dari abad pertama SM. Aksara Nabati berasal dari bahasa Aram, namun beberapa hurufnya telah berubah dari segi bentuk dan penambahan titik, memberi jalan pada aksara Arab yang ditulis hari ini.

Dia juga mengatakan, tulisan masyarakat Jazirah Arab berbeda dari budaya lain karena tulisannya yang khas dan berisi berbagai topik. “Kehidupan dan peristiwa terkait direkam, tidak seperti peradaban lain yang berfokus pada kodifikasi peristiwa politik,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement