Ahad 09 Jan 2022 13:29 WIB

CDC Revisi Karantina Covid-19 Menjadi 5 Hari

CDC merevisi panduan karantina COVID-19 dari 10 hari menjadi 5 hari.

Ilustrasi Covid-19 varian Omicron
Foto:

Sementara itu, para ahli mengatakan bukti awal tampaknya menunjukkan bahwa varian omicron terbukti secara signifikan memiliki gejala yang kurang parah.

"Data seputar omicron masih relatif baru, tetapi sementara kami melihat peningkatan yang signifikan dalam jumlah kasus, tampaknya jumlah kematian tetap tidak berubah sejauh ini," ujar Derreck Carter-House, PhD, ilmuwan, pengembangan pengujian di Clear Labs , pemimpin dalam pengurutan generasi berikutnya (NGS) yang sepenuhnya otomatis untuk diagnostik turnkey.

Menurut Carter-House, omicron sekarang menjadi jenis penyakit yang dominan di Amerika Serikat, dan meskipun data CDC menunjukkan rata-rata kasus harian meningkat dari 87 menjadi 490.000, jumlah kematian tetap sekitar 1.100 per hari."

Namun, seperti yang kami pelajari dari varian Delta, jumlah kematian dapat mengikuti angka kasus," katanya.Priscilla Marsicovetere, JD, PA-C, Dean of the College of Health & Natural Sciences di Franklin Pierce University memperingatkan agar masyarakat tidak lengah.

Data empiris, termasuk statistik kesehatan masyarakat dan penelitian peer-review, menunjukkan bahwa omicron menyebabkan penyakit yang lebih ringan daripada varian COVID-19 sebelumnya.Dia menambahkan bahwa meskipun ini adalah berita yang menggembirakan, lonjakan omicron masih memiliki efek yang parah.

"Faktanya adalah infeksi masih terjadi, sistem perawatan kesehatan masih ditekankan, masyarakat masih terpengaruh, dan orang-orang masih sekarat karena COVID-19," ujar Marsicovetere.

Dia juga menjelaskan bahwa dampak potensial dari lonjakan tambahan, atau yang lebih penting, mutasi lebih lanjut dari virus corona dapat memiliki dampak menghancurkan pada kemajuan yang telah dibuat dalam mengatasi COVID-19.

"Langkah-langkah keselamatan kesehatan masyarakat, termasuk vaksinasi, masker, dan jarak fisik jika perlu, masih merupakan langkah kunci dalam perjuangan berkelanjutan kami melawan COVID-19," katanya.

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement